Tekno

3 Foto Yang Mengungkap Rahasia Antariksa

1. Foto Pertama yang Diambil Dari Luar Angkasa

Pada tahun 1945, 15 tahun sebelum manusia benar-benar berangkat menuju antariksa, dan hanya berselang satu tahun setelah Perang Dunia II, sekelompok ilmuwan dan tentara di New Mexico meluncurkan rudak V-2 ke arah langit sejauh 105 kilometer.

Roket ini dilengkapi dengan kamera 35 milimeter dan mengambil foto di setiap satu setengah detik sekali.

Roket ini akhirnya mengambil sebuah foto yang tak pernah dilihat manusia sebelumnya, yakni foto Bumi dari perspektif atmosfer.

2. Foto Matahari

Matahari adalah bintang yang jadi aspek penting kehidupan manusia di Bumi.

Di zaman dahulu, mempelajari matahari adalah hal yang sulit. Bagaimana tidak, menatap matahari saja membuat mata kita sakit.

Namun di tahun 1845, di kala fotografi masih baru lahir, dua orang fisikawan dari Prancis bernama Louis Fizeau dan Lion Foucault berhasil menjepret matahari dengan hasil berupa 12,7 centimeter foto berjenis daguerreotype.

Ini adalah foto pertama dari matahari yang dilakukan oleh umat manusia. Setelah itu, foto matahari mulai marak. Di antara tahun 1858 hingga 1872, lebih dari 3.000 gambar matahari dijepret dan dikatalogkan di Kew Observatory, Inggris.

3. Foto Pertama Permukaan Bulan

Setelah berkali-kali gagal, Uni Soviet berhasil mengirim pesawat tanpa awak ke Bulan, yakni Luna 9. Pesawat ini mendarat di Bulan pada 3 Februari 1966, di area Bulan yang berna,a Oceanus Procellarum.

Luna 9 menggunakan airbags untuk mendarat lebih mulus, dan airbag ini dilengkapi dengan kamera Turret. Akhirnya, kamera ini menoreh sejarah karena menjepret permukaan lain selain Bumi.

Pesawat Luna 9 sendiri punya tenaga yang terbatas. Hanya dalam 3 hari saja, pesawat ini sudah mati. Untungnya itu adalah waktu yang cukup untuk mentrasnfer foto panorama dari Bulan.

Comment here